Senin, 28 Oktober 2013

Penyembuh Bangsa-Bangsa



Selamat hari Sumpah Pemudaa!! :) Moga Indonesia mampu lebih baik lagi dari segi apapun Aamiin^^ Oke, ini dia Penyembuh Bangsa-Bangsa karya Emha Ainun Adjib, nyess n ngena banget katakatanya, bung! :3



Penyembuh Bangsa-Bangsa
Dodot iro dodot iro kumitir bedah ing pinggir 
pakaian kebangsaan kita, harga diri nasionalisme kita telah di sobek-sobek oleh tradisi penindasan, oleh tradisi kebodohan, oleh tradisi keserakahan yang tidak habis-habis.

Dondomono, jlumatono kanggo sebo mengko sore
harus kita jahit kembali, harus kita benahi lagi, harus kita utuhkan kembali agar supaya kita siap untuk menghadap ke masa depan.

Memang kita sudah Lir-ilir sudah ngelilir sudah terbangun dari tidur, sudah bangun, sudah bangkit sesudah tidur terlalu nyenyak selama tiga puluh tahun atau mungkin lebih lama dari itu.

kita memang sudah bangkit, beribu-ribu kaum muda, berjuta-juta rakyat sudah bangkit keluar rumah dan memenuhi jalanan. membanjiri sejarah dengan semangat menguak kemerdekaan yang terlalu lama diidamkan, akan tetapi, mungkin karena terlalu lama kita tidak merdeka, sekarang kita tidak begitu mengerti bagaimana mengerjakan kemerdekaan, sehingga tidak paham beda antara demokrasi dengan anarki.

terlalu lama kita tidak boleh berpikir, lantas sekarang hasil pikiran kita keliru-keliru, sehingga tidak sanggup membedakan mana asap, mana api, mana emas, mana loyang, mana nasi, dan mana tinja.

terlalu lama kita hidup di dalam ketidak menentuan nilai, lantas sekarang semakin kabur pandangan kita atas nilai-nilai yang berlaku di dalam diri kita sendiri, sehingga yang kita jadikan pedoman kebenaran hanyalah kemauan kita sendiri, nafsu kita sendiri, kepentingan kita sendiri.

terlalu lama kita hidup dalam kegelapan, sehingga kita tidak mengerti bagaimana melayani cahaya, sehingga kita tidak becus mengurusi bagaimana cahaya terang, sehingga di dalam kegelapan gerhana rembulan yang membikin kita buntu sekarang. Kita junjung-junjung penghianat dan kita buang-buang para pahlawan, kita bela kelicikan dan kita curigai ketulusan.

:’) *terharu*

_syf

0 komentar:

Posting Komentar