Senin, 01 April 2013

Between Brave and Reckless~


Bismillah.
Hallohayyy.. udah lama nih aku libur jadi pembagi pengalaman XD maklum, jadwal manggung n syuting yg ga kelar2 *soksibuk :D
Kali ini, aku mau bercerita tentang pengalaman pertama saya dan Nida sebagai seorang Prabuhi (Pramuka Buku Hidup) Jawa Barat. Cekidot->

Kalian tau gak Prabuhi itu apa? Prabuhi adalah suatu gerakan literasi menjadikan anggota Pramuka sebagai Relawan Membaca rutin untuk masyarakat disekitar tempat tinggal atau gugus depannya. Yg di ketuai oleh Bapak Dede Yusuf Macan Effendi, pada tanggal 19 Desember 2012. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan minat membaca bagi mereka yg secara fisik sulit membaca tetapi secara luas juga kepada mereka yg menjauhkan diri dari buku atau sumber informasi tulis. Jadi kalian udah paham kan apa itu Prabuhi?
Nah, sekarang saya mau bercerita tentang Prahuhi pertama saya dan Nida... 
Kisah ini terjadi pada tanggal 31 Maret 2013 (310313). Paginya, sekitar jam 9an itu, saya hubungi Nida, yah sejujurnya kala itu hati tengah butuh seorang teman~ *ceile, dan yah saya hubungi Nida, kenapa? Ya gatau deh J berlanjut dan berlanjut, tibatiba nida ngajak untuk Prabuhi, awalnya bingung, Prabuhi dimana, mau ngebacain apa, sama siapa dan bingung2 yg lain.. Yaudah, saya sanggupi dan kita sepakat habis dzuhur kita kumpul.. Sasaran kita kali ini adalah anak2, kenapa? Karena anak2 itu ngelucuin, ngegemesin, lebih mudah dideketin, diajak main2, unyu2, chuby2, ompong2, ih pokonya lebih mudah untuk dijadiin permulaan deh.. Dikarenakan dirumah Nida katanya banyak anak2 main, maka saya habis dzuhur melaju dengan motor CB yg dibawa oleh My Lope-lope Father towards Nida’s heaven ... J
*brumbrumbrumbrumbrum*
Sekitar pukul 13.00 saya sampai di Ds. Gegesik Kidul yg lebih tepatnya sampai disebuah rumah milik orang tua dari seorang gadis jenius yg baik hati dan tidak sombong, pratama pula :D namanya Umrotun Nida.
Awalnya, kita bingung, karena anak2 sasaran kita itu belum dateng2 untuk main >.< gara2 cape nunggu, kita setuju untuk nyari mangsa.. hehehe, tilang-tileng nyari anak2, kadang nemu anak2, eh ada ibunya, kadang nemu anak2, eh lg main layangan, kadang nemu anak2, eh malah mereka lagi nungguin omprengan mobil -_____- *bak elang yg mencari mangsa yg gendut2, yg bergizi, yg berdaging empuk dan tentunya lezzzzaaaaat, tapi yg ketemunya malah nenek2, semut, kecoa sama orang kurus kering kerempeng (kaya saya XD)*

Mangsa pertama -----> “anak2 yg lagi mainan di bantaran kali”
“Ade, lagi ngapain? Ini nih kaka punya buku cerita, mau kaka bacain cerita ga?” kalian tau ga jawabannya apa? “ENGGAK!!” dengan pandangan sinis kaya pengen diculik. Yaudah deh, kita ga maksa, dan langsung pergi lagi.. Pas udah jauh, kita rada nyesel, abisnya itu tuh peluangnya gede banget kawans, yah padahal diseberang sananya tuh banyak ibu2 ngrumpi, takut nya diteriakin “Culiiiiik! Culiiiiiik!”. Karena kita berniat merayu anak2 itu lagi, dan dikarenakan kita gatau jalan kalo lurus terus, maka kita balik lagi :D eh tautaunya anak2nya udah pada kabur *dezig -_____________________-

Mangsa kedua -----> “anak2 TKA dan TPA”
Next, kita tilang-tileng gak karuan lagi, eh tibatiba kita liat anak2 lari2an pake baju putih2 sambil ketawa2 *kayamalaikatmiriptuyulXD, kita yakin pasti ada sekolah disekitar sini.. awalnya kita jalan lurus terus.. tapi malah gak ketemu2, habis itu ada bapa2 naik motor yg nganterin anaknya sekolah, yaudah kita nungguin bapa itu kemana, ternyata belokan yg udah kelewat tadi, yaudah kita balik lagi *baliklagisesion2-__-.
That’s right, we found a School, named TKA-TPA Hidayatul Awam. Kita gentar, takut, udah negative thinking, nida tanya “Mba, serius nih?” saya jawab “serius” (padahal di hatinya ketar-ketir), “beneran nih mba?” saya jawab “bener” (padahal di hatinya bimbang), yaudah deh, kita putuskan untuk masuk ke kantor gurunya alias njaluk ijin.. “Mba, ntar mba yang masuk duluan ya, mba yang bilang” gak ada pilihan lain, saya jawqb “IYA” :D *padahal didalem hati takut disemprot, atau dikira penipu. Saya berpikir “Ah, gak mungkin, wong orang cantik begini kok dikira penipu, gak akan. Lagian kita gak salah, kenapa musti takut” :D
Oke, intinya ANTARA BERANI dan NEKAT, seperti judul diatas, “BETWEEN BRAVE and RECKLESS”~
(sekitar pukul 13.30) *toktoktok* Assalamualaikum | Waalaikumsallam, masuk, ada apa? silahkan duduk | (duduk) Punten bapa, sebelumnya nama saya Syifa Auliya Haris, dan ini teman saya, Umrotun Nida, kami ingin meminta izin untuk berprabuhi, blablabla |
Yah, intinya, itulah percakapan pertama saya dg Bapa yg entah namanya siapa.. Lalu, kami memperkenalkan diri kami, saya berikan KTA dan brosur prabuhi, kami jelaskan maksud kedatangan kami kesana, kemudian pembicaraan kami terpotong karena Bapa tersebut mendapatkan telfon, kami menunggu sesaat, lalu dilanjutkan kembali, tak disangka-sangka, ternyata kita mendapat sambutan positif setelah penolakan dr anak2 tadi. Alhamdulillah yah. Lalu tiba2, datang lg bapak2 yg lebih muda dr bapak tadi ikut mengobrol bersama kami, tak lama kemudian sang ibu Kepsek datang, dan ternyata beliau mengizinkan kami :)) senengnya itu luar biasa kawanJ Pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata kedatangan kami ini tepat waktu, TKA tsb hari itu sedang mengadakan lomba mewarnai, dan kami disuruh untuk menghibur anak2 itu.. yah lumayan kawan, tidak mengganggu KBM dan kami pun mendapatkan pengalaman. Satu persatu guru-guru disana datang, lalu sekitar pukul 14.15 kami meminta izin sebentar untuk menjemput Pangeran Apang didepan gang.. :D, sang pangeran ini ternyata naik sepeda dari Awn sampe bayalangu, keren kan? Keren yaaaJ Lalu sekitar pukul 14.30, saya dan Nida masuk ke kelas.. Nida membawakan cerita tentang Ibu Pemberani dan Naga Laut, dan saya membawakan cerita tentang Naga Hijau Berambut.. Semuanya mengisahkan tentang kehebatan seorang Ibu.. Anak2 disana unyu2 loh, salah satunya ade ompong endut ini :* hahhaha 

Setelah selesai, kami pamit pulang, namun sebelum itu kami diberi 3snack dan dimintai nomor hape, kata bapa As’adi, kami diusahakan minimal 1bulan sekali datang berkunjung *alhamdulillah.. Lalu kami jalan pulang kembali, niatnya snack tadi akan kami berikan kepada anak2 sasaran kami yg lain, namun kami tidak menemukan anak2 lagi.. Saat itu waktu menunjukan pukul 15.16, kami putuskan untuk shalat ashar di mushalla dekat rumah Nida, lalu kami bertiga capcyuuusss ke mushalla...
Sehabis shalat, kami bertiga kembali ke rumah NidaUm, yah berbincang2 sejenak, lalu saya dan Apang pulang, kamu tau? Kita jalan mamen gara2 elp engga lewat2... jalan dari Gesik kidul sampe pom bensin ituloh.. subhannallah syekalii sipa kuat jalan jauh :D Apang emang debesss.. sepedanya dituntun cuman demi nemenin saya jalan (y)(y)(y) :D
Sampe di pom, kita berpisah, elp lewat, saya naik elp, apang naik sepeda, ooo, apang kasyiaanL maap yah pang.. abis itu saya turun di bu kaban, dan beli es kelapa.. dua. :D buat apang satu, kasianJ eh tautaunya apang syudah pulang.. tapi, dia baliklagi ke bu kaban,, edan anak itu mah-____- Yasyudah, saya pulang menuju rumah dengan kaki yg lumayan gempor.. tapi, hari itu lumayan bersejarah for my life..
Thank you so much for Umrotun Nida for that day.. J Next time, I hope we can go to Palestine and help many children againJ and we can travel around the world TO-GE-THER J Aamiin
Juga, beribu-ribu terimakasih buat temanku yang satu ini (ArfanMaulana), kamu baik sekali tau, ih terharu cyiin :D makasih udah nemenin saya jalan, makasih udah jauh2 ke sana, makasih makasih dan makasih.. maap udah ngerepotin hidup kamu terus meneruusss eyaaa.. :D
Buat kalian berdua, jangan lupain hari ini, ingatingatting 310313 yaaaJ
Daaan, terimakasih buat anda anda semua yg baik hati dan tidak sombong.. J terimakasih sudah mau meluangkan waktumu yg berharga hanya untuk membaca catper sya iniih.. just to share our experience.. Sampai jumpaa, salam manis dari saya untuk kalian semuaJ
 _syf

0 komentar:

Posting Komentar