Kamis, 30 Januari 2014

Scout Rally~

Hari itu, Sabtu, 21 Desember 2013. Kami (Edelweiss—Saya,Syifakhot’pinru’,Umnida,Desvi,Oca,Wanda,Azzah,Ayang-- dan Elang—Arfan,Arif’pinru’,Yori,Gilang,Farid,Ayman,Ainul,Wasirin-- pangkalan SMPN 1 Arjawinangun), berangkat menuju Warukawung dengan mengendarai sebuah mobil bak terbuka.


Jujur saja, ini adalah kali pertama saya mengikuti sebuah lomba perkemahan semacam ini. Sebelum berangkat, banyak kendala yang kami temui, mulai dari ketidakadaannya terpal, anak putri yang ngaret dari waktu perjanjian, TKU yang belum dipasang, sampe kaos kaki yang kurang-_- beuh..


      Diperjalanan, kami menyanyikan lagu yang menjadi persyaratan di sebuah stand perlombaan, yaitu lagu Cinta Damai dan lagu pilihan kami, yaitu Mars Penggalang. Sejujurnya, kami memang kurang persiapan u,u Ditengah jalan, kami bertemu sesama penggalang yang satu tujuan dengan kami, katanya sih ada yang mirip ka Nayef gitu:D

      Sesampainya di desa Warukawung, kecamatan Depok, kami bergegas turun dan membereskan barang-barang sembari menunggu pinru yang lapor. Setelah dapet kapling, kami segera menuju kapling yang dituju, ternyata kita (Edelweiis) dapet kapling ujung yang hampir mojok.. Segeralah kita buat tenda ditengah gerimis, tapiiiii,  kendala gak berhenti disitu, ternyata tanahnya itu terlalu gembur, dan ada juga yang berbatu-,- dengan susah payah akhirnya jadi juga tuh tenda, yaaah walaupun agak doyong u_u tenda regu di depan kita ternyata buat dapur disamping tendanya, ada juga yang buat rak sepatu, dll. Kita mlongo juga sih garagara kapling kita isinya cuman tenda doang :D yaaaa mungkin garagara kita gak bawa terpal -,- abis itu upacara pembukaan.. Habis upacara, istirahat bentar, tapi kita justru ngeberesin tenda garagara patoknya ngelebihin kapling, rubuh lagi deh, akhirnya minta bantuan sama regu putra.. yaaaah jengjengjeng akhirnya berdiri juga walaupun tetep doyong :D abis itu di jadwal tertera ‘dinamika kelompok’ tapi gatau deh lupa ngapain :D pokoknya tibatiba udah maghrib *aih* kita masak makan malem, waktu itu masaknya gantian, makanan pertama kita bisa dibilang masih kurang, soalnya nasinya belum mateng, tapi syukuri apa yang ada, jadi ya tetep dimakan, yongan kempong, jeh :D Malemnya lupa ada acara apa, pokoknya baju udah teles kebes, tas dan barang2 basaaaah semua *kecuali tiker yang udah diamanin*, tidur sesek sesekan, badan anyeb+bau, ujan bae, dingiiin, pokoknya sempurna banget deritanya :D Sebelum tidur, kita sempetin buat bikin jemuran.

 Hari kedua, bangun jam 4.30, buruburu shalat, dan persiapan ganti baju penjas. Jam 05.30 kita senam kolosal gitu di lapangan yang becek. sumpah, sepatu itu udah gak karu-karuan, kotor, coklat, anyeb, basah, kaya sepatu gak dicuci setaun! Habis senam, kita makan dan siap2 lomba. Makan pagi hari ini lebih baik dari hari kemarin, soalnya nasinya mateng^^ Oya, hari ini kita lomba yang mulai jam 7.30.. Lomba ini dibagi jadi 13 stand yang beragam dan tersebar jauh jauhan, pokoknya pengalamannya benerbener gak akan terlupakan dan gak akan bisa diceritain detail satusatu. Saya, Nida, dan Syifakhot menyelesaikan entah berapa pos, diantaranya Morse, Semaphore, KIM, menyalakan api, dll. Oca,Wanda,Ayang,Azzah,Desfi yang semula mencar akhirnya bersatu dan menyelesaikan entah berapa pos, diantaranya bersepeda, mendirikan tenda, memasak, menjernihkan air dll. Ketika pukul 12.00 stand ditutup dan kita pulang ketenda untuk shalat.

Setelah jam 13.00 kita bersatu lagi dan menyelesaikan 3 pos yang tersisa, yaitu menaksir, formasi barisan, dan menyanyi. 2 pos diantaranya memang disyaratkan untuk beregu,  Oiya, tekhnis perlombaannya yaitu, kita diberi uang sejumlah 2 juta berapa gitu, dan disetiap stand itu kita wajib membayar uang yang tertera dikertas yang dibagikan kepada pinru, kalau berhasil, kita bakal dapet stiker dari tiap stand, nah kalau kita gagal disatu stand, maka kita wajib mengantri dan membayar uang lagi. Yang dinilai disini adalah kerja sama, kecepatan waktu, sisa uang, kebersihan tenda, kemandirian(pembina ‘katanya’ gak boleh masuk, tapi ternyata banyak yang melanggar, beruntungnya, pembina kita mengerti dan gak melanggar), kelengkapan stiker. Yang bikin ngeri, diskualifikasinya tanpa pemberitahuan.

Alhamdulillahnya, kita mengulang cuman sekali doang, di stand formasi barisan. Dari stand formasi barisan, kalau gak salah jam 14.00, kita bergegas menuju ke stand menyanyi yang berada di lapangan perkemahan, kita menyanyikan lagu Cinta Damai(wajib) dan Mars Penggalang(pilihan), yang kita tau, kebanyakan regu lain menyanyikan lagu pilihannya Pramuka Sejati.. Selesai dari stand menyanyi, kita langsung setor uang ke bank, pas banget jam 14.56 kalo gak salah. Sisa uangnya 700 berapa gitu.

      Habis itu, kita kembali ke tenda, masak, shalat ashar, terus siapsiap buat persiapan permainan besar, ternyata eh ternyata justru hujan.. jadi permainan besarnya dibatalkan, regu kita memilih untuk tidur.. Sungguh, tidur kali ini berasa tentraaaam banget, nyenyaaaak walaupun badan tetep basah dan tidur tetep desek2an...

      Hari ketiga, sama seperti hari kedua, senam, apel pagi, sarapan.. nah tapi ada perubahan jadwal, yang tadinya katanya ada giat lomba 3 yaitu halang rintang, tapi dibatalkan dan justru mempercepat upacara penutupan..

      Saat upacara penutupan, diumumin deh yang menangnya, juara 1 dimenangkan oleh SMPN 2 Plered (yang pinrunya cantiiik banget), juara 2 SMPN 2 Sumber, dan Alhamdulillah, juara 3nya SMPN 1 Arjawinangun.. Kita bener2 gak nyangka banget... padahal masih banyak yang lebih bagus dari kita. Allah memang Maha Adil J

      Sungguh, Scout Rally ini punya banyak banget kenangan.. Wanda yang keceplosan curhat, Desvi-Wanda yang masak sayur lodeh dikasih asem, Ayang-Wanda yang kedinginan, Oca yang tidur ujung dan paling anteng, Syifakhot yang super sibuk, nasinya Nida yang pas, Azzah yang paling repot bawa barang2nya, ganti baju bareng-bareng, makan bareng-bareng, shalat bareng-bareng, masak bareng-bareng, duh, that is really fantastic experrience..

Akhirul kata, semangat terus buat Pramuka, khususnya penggalang pangkalan SMPN 1 Arjawinangun... Di depan sana, masih banyak pengalaman dan kesempatan yang menanti... J

--teruntuk kawan2 seperjuangan, Elang dan Edelweiss--
Tak lupa juga buat Kak Nay, Kak Lutfi dan Kak Budi yang dengan setia membimbing kami.. tanpa Kakak kami bukan apa-apa~

_syf

1 komentar:

Umrotun Nida mengatakan...

rekomendasi banget buat anggota pramuka di smp mba (y) keren hihi

Posting Komentar